PERCOBAAN FISIKA BY NURRASYIDAH

PERCOBAAN FISIKA

HUKUM ARCHIMEDES

  • Percobaan tentang Hukum Archimedes

Alat/bahan:

  1. 2 gelas
  2. 2 butir telur
  3. Garam
  4. Air

Langkahnya:

Isilah air kedalam masing masing gelas, kemudian masukkan telur kedalam gelas yang sudah terisi air tersebut. Masukkan garam kesalah satu gelas, kemudian aduk sampai larut. Setelah garam tersebut diaduk sampai larut maka telur akan mengapung.

Kesimpulannya:

Telur  yang tidak dilarutkan garam maka telur trsebit tenggelam disebabkan karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis air. Sedangkan telur yang dilarutkan garam akan mengapung, disebabkan karena massa jenis telur sama dengan massa jenis air yng dipengaruhi oleh larutan garam.

PEMBIASAN CAHAYA

  • Percobaan tentang Pembiasan

Alat/bahan:

  1. Pensil
  2. Gelas bening
  3. Air

Langkahnya:

Isilah air ke dalam gelas, kemudian masukkan pensil. Maka,pensil yang didalam air itu kelihatannya seperti patah. Padahal nyatanya tidak, mengapa terjadi demikian?

Hal itulah yang dinamakan dengan pembiasan.

Kita dapat membagi bagiannya yaitu dengan dua bagian, dimana bagian yang pertama yang tidak tercelup ke dalam air kita namakan dengan medium pertama atau medium udara, dan bagian yang tercelup ke dalam air kita namakan dengan medium kedua atau medium air.

Kesimpulannya:

Cahaya yang merambat di udara dan diair mempunyai sifat yang berbeda. Maka, pensil yang kita lihat tadi kelihatannya seperti patah. Itulah yang disebabkan oleh pembiasan cahaya.

TEKANAN UDARA

  • Percobaan tentang tekanan udara

Alat/bahan:

a.       Piring

b.      Lilin

c.       Korek

d.      Air yang berwarna

e.       Gelas bening

Langkahnya:

Rekatkan lilin diatas piring, kemudian nyalakan lilin teresebut. Tuangkan air  yang berwarna kedalam piring.

Kemudian tutuplah lilin tersebut dengan gelas bening, setelah itu lilin tersebut akan padam. Dan air yang didalam piring tersebut akan naik kedalam gelas.

Kesimpulannya:

Tekanan udara lebih besar dari pada tekanan dalam gelas sehingga air tersebut naik kedalam gelas.

HUKUM I NEWTON

Alat/ bahan:

a.       bola kertas

b.      Kertas buram/ folio

c.      meja

Langkahnya:

Kita letakkan kertas folio disuatu tempat atau diatas meja. Kemudian letakkan bola kertas diatas kertas tersebut.  Jatuhkan kertas dengan cara memukul maka kertas akan jatuh kebawah sementara bola kertas tetap diatas meja, dengan kata lain bola kertas tersebut tetap diam.

Ksimpulannya:

Dari percobaan ini kita dapat menganalisis bahwa pada huku Newton 1, benda yang berada dipermukaan tidak bekerja sama sekali atau gayanya sama dengan nol (∑f = 0).

GAYA

alat dan bahan

a. 2 buah mistar

caranya peganglah sebuah mistar plastik lurus dengan kedua tangan, apa yang terjadi jika salah satu ujung mistar anda tekan ke bawah?

mistar akan melengkung

kesimpulan

jadi gaya dapat mengubah bentuk suatu benda

PERSAMAAN GERAK

Posisi partikel pada suatu bidang

Posisi  partikel (titik materi) yang bergerak dalam dua atau tiga dimensi biasanya ditulis dalam vektor, yang disebut  sebagai vektor posisi. Vektor ini dinyatakan dalam vektor-vektor satuan seperti berikut ini.

Vektor Satuan

Vektor satuan adalah suatu vektor yang panjang atau besarnya sama dengan satu. Dalam suatu ruang dengan sumbu koordinat x,y,dan z digunakan vektor satuan ,i ,j dan k yang madsing masing  mempunyai  panjang  atau besar satu,tanpa satuan serta berturut turut menunjuk ke arah sumbu x,y danz.

KECEPATAN

Kecepatan merupakan ukuran yang mnyatakan besar perubahan posisi benda terhadap waktu.kecepatn sebagaimana laju perubahan posisi mempunyai arah  tertentu,,sehingga keduanya adalah besaran vektor .

 kecepatan rata rata

Dalam gerak satu dimensi ,kecepatan didefinisikan sebagai laju perubahan pisisi,,untuk gerak dua maupun tiga dimensi hal ni tetap berlaku ,,mengingat bahwa kecepatan rata-rata adalh hasil bagi antara perpindahan dengan selang waktu.

 kecepatan sesaat

Kecepatan sesaat (biasanya di sebut hanya kecepatan) adalah kecepatan rata-rata untuk selang waktu mendekati nol.

Jika koordinat x dan y dari posisi titik materi merupakan fungsi waktu, komponen kecepatan sesaat pada sumbu x diperoleh dari turunan pertama fungsi x(t), sedangkan komponen kecepatan sesaat pada sumbu y diperoleh dari turunan pertama fungsi y(t).

 kecepatan sesaat sebagai kemiringan grafik perpindahan terhadap waktu

Kecepatan sesaat dari suatu titik materi dapat ditentukan secara grafik apabila diketahui grafik perpindahan titik materi terhadap waktu.

percepatan     

Seperti halnya dengan kecepatan, maka untuk percepatan juga dikenal istilah percepatan rata-rata dan percepatan sesaat. Percepatan sesaat hanya sering disebut  percepatan saja.

 percepatan rata-rata

Jika kecepatan sebuah partikel berubah terhadap waktu, dikatakan partikel tersebut mengalami percepatan. Percepatan rata-rata dari suatu partikel dalam selang waktu didefinisikan  sebagai perbandingan.

 percepatan sesaat

Percepatan sesaat a didefinisikan sebagai percepatan rata-rata untuk selang waktu yang sangat kecil(mendekati nol).

- percepatan sesaat sebagai kemiringan grafik kecepatan terhadap waktu

- menentukan kecepatan dari fungsi percepatan

Kecepatan sebagai integrasi fungsi percepatan.

HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

1.      Hukum  I newton berbunyi :

Bila resultan gaya yang bergerak pada suatu benda sama dengan nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda maka setiap benda akan bergerak terus dengan kelajuan tetap pada lintasan lurus atau tetap diam

2.      Hukum II newton berbunyi:

Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan masa benda

3.      Hukum III newton berbunyi:

Jika benda pertama mengerjakan gaya pada benda kedua maka, benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan

About these ads

Tentang nurrasyidahfisika

nurrasyidahfisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: